Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong Forum Anak Daerah menjadi pelopor pemanfaatan internet secara sehat.

"Anggota Forum Anak Daerah ini merupakan anak pilihan, kami berharap banyak mereka mampu menjadi garda depan sebagai pelopor dan pelapor," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat M. Soleh di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan Forum Anak Daerah merupakan wadah untuk berpartisipasi dan saling memberikan informasi untuk menjembatani kepentingan anak.

Melalui forum tersebut anak-anak bisa mengawali gerakan bersama untuk kepentingan anak, menyampaikan aspirasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi sehingga anak bisa mendapatkan jaminan bertumbuh kembang secara baik dan sesuai kebutuhan.

"Melalui Forum Anak Daerah, mereka bisa menjadi contoh atau panutan bagi anak-anak yang lain. Menjadi pelapor, laporkan dan sampaikan melalui saluran yang tepat tentang permasalahan melalui saluran-saluran yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi guna mewujudkan anak Bangka Barat menjadi generasi berakhlak dan pintar," katanya.

Menurut dia, perkembangan media sosial saat ini akan memudahkan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan, namun harus selalu berhati-hati terhadap konten negatif agar tidak terperosok di dalam hal-hal negatif.

"Peran orang tua dan masyarakat sangat penting dalam memantau perkembangan anak agar anak-anak bisa memilah dan memilih sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan mengembangkan potensi diri," katanya.

Dengan bekal kemampuan yang dimiliki disertai contoh dari para orang tua diharapkan para anggota Forum Anak Daerah nantinya bisa menjadi contoh yang baik di lingkungan sekolah dan tempat tinggal.

"Kami akan berupaya melalui berbagai program dan kegiatan agar anak-anak memiliki kemampuan kepandaian dan perilaku yang semakin baik guna mewujudkan Bangka Barat yang maju, sejahtera dan bermartabat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022