Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas para pustakawan di perpustakaan daerah agar semakin inovatif dan kreatif dalam menjalankan tugas dan fungsi sehingga perpustakaan semakin menarik untuk dikunjungi masyarakat.

"Kami berharap melalui kegiatan ini para pustakawan semakin mampu memberikan inovasi, kreasi, kreatif, bekerja profesional sekaligus menunjang jabatan karir sebagai aparatur sipil negara," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Provinsi Bangka Belitung Yunan Helmi di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi jabatan fungsional pustakawan yang dilaksanakan di Pangkalpinang tersebut juga dimaksudkan agar para pustakawan mampu menjadi entrepreneurship, semakin tekun, menjiwai setiap pekerjaan, serta berintegritas tinggi dalam mengemban tugas.

Yunan mengatakan jabatan fungsional sebagai pustakawan diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan.

"Dalam aturan itu juga disebutkan bagi pustakawan angka kredit telah berubah dan terus berkembang sesuai aturan dan tata kerja jabatan fungsional," katanya.

Melalui sosialisasi jabatan fungsional pustakawan itu diharapkan dapat membantu pemerintah daerah untuk turut melakukan pembinaan kepada tenaga perpustakaan dan mampu meningkatkan pengetahuan bagi para pemangku kepentingan, calon pustakawan atau pustakawan yang baru diangkat melalui jalur pengangkatan pertama, penyesuaian peralihan dari jabatan lain dan penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional pustakawan.

"Para pejabat yang mengalami penyetaraan jabatan ini, sebagian besar belum mengetahui tentang jabatan fungsional pustakawan. Hal ini menjadi perhatian bagi perpustakaan nasional dan perpustakaan umum provinsi untuk menjadikan pejabat fungsional," katanya.

Dengan ketersediaan pustakawan yang semakin kompeten di bidangnya diharapkan perpustakaan akan semakin baik, dikelola secara benar dan profesional.

"Akan semakin banyak pustakawan atau jumlah tenaga perpustakaan yang kredibel tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan pengembangan perpustakaan itu sendiri sehingga ke depan perpustakaan semakin menarik dan benar-benar memenuhi kebutuhan pengunjung sekaligus mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua Pelaksana Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan se-Babel Danuar mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan, antara lain meningkatkan pemahaman jabatan fungsional pustakawan dan aturan terkait.

"Kami juga ingin membangun pemahaman dan persepsi yang sama tentang jabatan fungsional pustakawan sekaligus memberikan pemahaman tata cara pengajuan daftar usul penetapan angka kredit dan pengenalan aplikasi pendukung," katanya.

Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi kepada para pustakawan tersebut diharapkan para pustakawan yang baru diangkat melalui jalur pengangkatan pertama, penyesuaian, peralihan dari jabatan lain, serta penyetaraan jabatan administrasi semakin mumpuni dan termotivasi mengembangkan diri dalam tugas dan fungsi sebagai pustakawan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022