Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rudi Hartono menilai pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di Kabupaten Belitung pada 7-9 September menjadi ajang promosi produk UMKM daerah itu ke mancanegara.

"Pelaksanaan G20 membuktikan bahwa produk UMKM Belitung siap ditampilkan baik di skala nasional maupun internasional," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Hal ini disampaikan dia dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil di Tanjung Pandan, Belitung.

Dirinya mendorong para pelaku UMKM di daerah itu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin guna menyambut pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 mendatang.

"Dari segi produk dan pengemasan harus mengedepankan sisi kearifan lokalnya hal ini yang harus ditampilkan kepada para delegasi dari 20 negara maju di dunia," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah diharapkan melakukan verifikasi kepada pelaku UMKM setempat sehingga berkesempatan menampilkan serta mempromosikan produknya kepada para delegasi negara forum G20.

"Produk yang ditampilkan harus menampilkan sisi kearifan lokal Belitung ini yang harus dikedepankan," katanya.

Dirinya berkeyakinan pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung menjadi mampu membangkitkan perekonomian pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu setelah pandemi COVID-19.

"G20 menjadi momentum kebangkitan UMKM, bayangkan saja produk-produk mereka nanti akan ditampilkan kepada 20 negara maju yang menjadi anggota G20," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022