PT Timah melaksanakan Program 'Timah Mengajar' bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan. Program Timah mengajar ini merupakan komitmen PT Timah Tbk untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di lingkar tambang. 

Dalam Program Timah Mengajar yang digagas oleh CSR PT Timah Tbk ini menyasar berbagai kelompok, seperti guru, anak-anak di wilayah pesisir, maupun masyarakat umum. 

Untuk pertama ini, Program Timah Mengajar ini menyasar guru-guru di Kabupaten Bangka. Bekerja sama dengan Komunitas Literasi Sekawan dan Kantor Bahasa Bangka Belitung, PT Timah Tbk menyelenggarakan kegiatan 'Peningkatan Kompetensi Guru (SD, SMP, dan SMA) di wilayah operasional PT Timah Tbk'. Melalui pelatihan karya tulis ilmiah sebagai upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan. Pelatihan ini diikuti para guru di Kecamatan Pemali yang dilaksanakan di SMAN 1 Pemali, pada 28-29 Juli dan 6 Agustus 2022. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita, Kepala Kantor Bahasa Bangka Belitung Muhammad Irsan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Bangka Belitung, Hendri, Kepala Sekolah SMAN 1 Pemali Eflina dan para peserta. 

Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita dalam kesempatan ini turut menjadi pemateri dalam pelatihan ini. Dirinya menyampaikan materi tentang Peran PT Timah Tbk. 

Ketua Komunitas Literasi Sekawan, Kurniati mengatakan kegiatan ini sebagai upaya menggeliatkan literasi di Kabupaten Bangka. Selain itu, para peserta yang merupakan guru diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam berliterasi. Sehingga, nantinya wawasan ini dapat ditularkan kepada anak-anak didik di masing-masing sekolah. 

"Kita bersyukur PT Timah Tbk bisa memfasilitasi kegiatan ini. Sehingga ini bisa kembali memberikan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam literasi dan nantinya akan menghasilkan karya-karya," katanya. 

Ia menyebutkan, nantinya karya para peserta ini akan dibukukan sehingga dapat memberikan motivasi para guru. Selain itu, diharapkan para guru-guru ini bisa menggalakkan semangat literasi ini kepada para siswanya. 

"Dengan program ini, PT Timah Tbk telah mewadahi guru untuk meningkatkan kemampuannya. Karena guru-guru sekarang dalam kurikulum merdeka ini harus mengajarkan anak-anak untuk bisa menghasilkan karya tulis. Sehingga ini diharapkan tidak hanya meningkatkan wawasan guru tapi juga siswa," sebutnya. 

Ia berharap, kegiatan Timah Mengajar ini dapat terus berlanjut dan bisa dilakukan di Kabupaten lainnya bahkan hingga ke wilayah pelosok. Karena Ia menilai program ini sangat bagus. 

"Ini program bagus Timah Mengajar yang akan menyasar masyarakat di lingkar tambang, tidak hanya guru tapi juga masyarakat lebih luas. Semoga ini bisa terus berlanjut," katanya. 

Senada, Kepala Kantor Bahasa Babel, Muhammad Irsan mengatakan, Program Timah Mengajar yang digagas PT Timah Tbk ini sejalan dengan program Kantor Bahasa untuk meningkatkan literasi di Babel.

"Kegiatan ini berkaitan dengan program literasi, karena memang untuk meningkatkan tingkat literasi. Sebagaimana kita ketahui tingkat literasi di Babel masih di posisi menengah. Sehingga memang perlu sinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan ini," katanya. 

Ia berharap, program ini bisa terus dilanjutkan sehingga manfaatnya bisa terus dirasakan masyarakat. Dimulai dari Kabupaten Bangka, Ia berharap bisa menular ke Kabupaten lainnya. 

"Program pendidikan PT Timah Tbk secara pribadi kami di kantor sudah merasakan manfaat, narasumber tadi Mbak Dwi merupakan salah satu alumni program kelas beasiswa PT Timah Tbk, dan beliau menjadi salah satu andalan yang nantinya akan melanjutkan beasiswa S2 di UI," katanya.

Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita mengatakan PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang. Salah satunya, melalui program pendidikan. 

PT Timah Tbk, kata dia memiliki program unggulan di bidang pendidikan yakni Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk pada SMAN 1 Pemali.  

Inisiatif PT Timah Tbk untuk berkontribusi terhadap peningkatan kualitas
pendidikan dan kualitas sumber daya manusia akan terus diupayakan sesuai dengan agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

"Pelatihan menulis pada hari ini, yang merupakan bagian dari Program Timah Mengajar.Dalam menjalankan Program Timah Mengajar ini, PT Timah Tbk membangun kemitraan produktif multipihak dengan stakeholder terkait," katanya. 

Pelatihan menulis ini banyak manfaatnya, sehingga nantinya bisa meningkatkan kompetensi menulis para guru. 

"Apa yang dilakukan hari ini tidak hanya memberikan manfaat bagi bapak/ibu, tapi juga kepada anak-anak apa yang didapatkan pendekatan kompetensi tapi akan ditularkan kepada anak didik," ucapnya. 

Salah satu peserta, Ema farindiani Guru SMPN 3 Pemali mengatakan, dirinya sangat senang bisa mengikuti pelatihan. Selain untuk meningkatkan kemampuan literasi dan penulisan nantinya karya mereka akan dibukukan. 

"Senang dan ini ada aksinya nyata, karena nanti karya kita akan dibukukan, guru punya karya dibukukan tentunya ini akan menjadi motivasi tersendiri," ucapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022