Sebanyak 781 peserta memeriahkan Gowes Go Green Bangka dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun sekaligus membangkitkan semangat penghijauan melalui penanaman bibit pohon untuk kelestarian bumi.

"Dengan gowes kita menjaga badan tetap sehat, pikiran cerdas dan hati yang bersih sambil berkontribusi untuk Pangkalpinang," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ridwan mengatakan, para peserta Gowes Go Green Bangka 2022 adalah pegawai Kementerian ESDM RI yang masuk dalam komunitas gowes, Forkopimda, Pegawai ASN di lingkup Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang dan Kabupaten lain serta masyarakat setempat.

Baca juga: Peringati HUT ke-77 RI, Kementerian ESDM dan Pemprov Babel gelar Gowes Go Green Bangka 2022

Disela Kegiatan gowes ini ada juga penanaman bibit pohon cemara di pinggir laut Pantai Pasir Padi untuk mengingatkan kita agar terus menjaga lingkungan dengan melakukan penghijauan yang berlanjut. 

Selain di Pantai Pasir Padi, penanaman bibit pohon juga dilakukan di Pantai Tanjung Ular dan di kaki Menumbing Muntok, Bangka Barat yang jenis bibit pohonnya disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing dan dapat bernilai ekonomis. Bibit pohon berasal dari Karang taruna, beberapa perusahaan dan masyarakat sekitar.

"Penghijauan harus terus kita lakukan, karena industri pertambangan selain tulang punggung pembangunan, tapi memberi dampak negatif yang banyak untuk lingkungan, sehingga ini upaya kita  menyeimbangkan itu," kata Ridwan.

Ridwan meyakinkan, disela kegiatan ini pihaknya juga mengedukasi peserta gowes untuk Save Mentilin, sebagai hewan endemik yang harus dilindungi keberadaannya.

"Kita akan mengedukasi ke publik bahwa ini hewan endemik, jangan diburu, cukup kita pahami secara ilmiah saja dan jangan berbondong-bondong mengunjungi habitatnya, harus kita lindungi agar tidak punah," ujarnya.
Gowes Go Green Bangka dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun sekaligus membangkitkan semangat penghijauan melalui penanaman bibit pohon untuk kelestarian bumi. (ANTARA/ Elza Elvia/ HO)


Ridwan berharap, Gowes Go Green Bangka dapat menjadi salah satu agenda rutin yang akan terus digelar sehingga dapat membangkitkan semangat berolahraga dilapangan terbuka.

"Melalui gowes ini i kita rajut kebersamaan menyongsong kemerdekaan sehingga kedepan Babel menjadi bangsa yang menang," harapnya.

Disela kegiatan Gowes Go Green Bangka, ada juga pembagian bibit buah alpukat untuk peserta gowes, pameran kuliner UMKM dan penampilan hiburan dari artis dangdut daerah, Yendri dan Zainul.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022