Ratusan pesepeda di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung mengikuti "Gowes Funbike Merdeka" dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Minggu.

Gowes santai yang dipelopori Komunitas "Gowes Sehat Community" (GSC) itu menempuh jarak 17 km sesuai tanggal kemerdekaan RI.

Gowes yang dilepas Asisten 1 Pemkot Pangkalpinang Syahrial tersebut dimulai dari Wilhelmina Park, menuju Jalan Stania, Jalan Bukit Merapin, Jembatan 12, Jalan Basuki Rachmat, Parit Lalang dan berhenti sementara di Kantor Walikota Pangkalpinang.

Setelah itu, rombongan gowes tersebut melanjutkan perjalanan menuju Jalan Girimaya, Jalan Soekarno Hatta dan finish kembali di Wilhelmina Park.

Menurut Ketua GSC Pangkalpinang Koesnando Primaphilio, kegiatan itu mengangkat tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" yang menjadi tema nasional.
 

Selain memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, kegiatan itu juga untuk membangkitkan kembali minat gowes di Kota Pangkalpinang.

Dari pemantauan selama ini, ada fenomena menurunnya minat warga Kota Pangkalpinang dalam mengikuti olahraga bersepeda.

"Berbeda ketika Covid-19 masih merajalela, hampir setiap akhir pekan banyak warga yang bersepeda di jalan raya," katanya.

Sebagai komunitas pecinta sepeda, pihaknya berharap aktivitas gowes terus berlanjut meski pandemi Covid-19 mulai mereda.

"Gowes itu banyak manfaatnya, terutama untuk kesehatan. Jadi, jangan hanya ketika Covid-19 saja kita gowes, tapi harus dirutinkan terus," ujar Koesnando.

Pihaknya merasa gembira dengan respon pecinta gowes dengan banyaknya peserta yang mendaftar, baik komunitas mau pun perseorangan.

Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, panitia menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi peserta gowes dengan hadiah utama berupa tiga unit sepeda.

Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia I(ISSI) Zaldi memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Gowes Funbike Merdeka tersebut.

Pihaknya brharap kegiatan itu terus dirutinkan, apalagi hingga melahirkan atlet sepeda yang dapat mengharumkan nama Kota Pangkalpinang.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022