Perayaan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) dirayakan meriah oleh seluruh elemen bangsa. Begitu juga Gereja HKBP Resort Pangkalpinang misalnya, tidak mau ketinggalan dalam merayakan momen meriah sekaligus penuh rasa syukur ini, karena sudah beberapa tahun tidak dilakukan akibat pandemi covid-19. 

Bentuk ekspresi dalam merayakan HUT RI tersebut cukup beragam, Panitia Pelaksana memilih untuk pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang dipimpin Pdt A S Lumbantobing selaku inspektur upacara yang diselenggarakan di Gedung Sekolah Minggu HKBP Pasir Garam Pangkalpinang, Rabu (17/8/2022). 

Momen tujuh belasan ini menjadi wujud kebersamaan antar jemaat dan mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah diraih, yang diperjuangkan oleh para pejuang terdahulu dalam memerdekakan Bangsa dan Negara Indonesia dari penjajah.

Ketika mengawali upacara seluruh jemaat mengenakan pakaian bernuansa merah putih serta menggunakan ulos yang menjadi ciri khas dalam kegiatan tersebut.

Dalam rangkaian upacara yang digelar tersebut, seluruh jemaat menyanyikan lagu kebangsaan ”Indonesia Raya” dan memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, UUD 1945, dan Proklamasi Kemerdekaan RI.

Dalam pesannya, Pimpinan Gereja HKBP Resort Pangkalpinang, Pdt A S Lumbantobing, mengatakan, Kemerdekaan RI yang diproklamasikan, Jumat, 17 Agustus 1945, dan kini diperingati kembali, Jumat (17/8/2022), patut disyukuri. 
 
"Negara ini dibangun, negara ini bertindak, negara ini dibentuk  untuk kemaslahatan bangsa," jelas Pdt Lumbantobing. 

Selain itu, Pdt Lumbantobing mengungkapkan kemerdekaan itu adalah hak seluruh bangsa dan karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita. 

Ditambahkannya, jemaat HKBP Pangkalpinang harus mengambil bagian dalam pembangunan bangsa dan negara ini. 

"Jemaat HKBP Pangkalpinang harus mengambil bagian sebagai warga negara yang berkewajiban dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia," tegas Pdt Lumbantobing.

"Peringatan HUT RI ke 77 tahun ini mengambil tema pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, maka jemaat HKBP harus mengambil bagian dalam peringatan HUT kemerdekaan ini," ungkap Pdt Lumbantobing dalam pesan 

Akhirnya, Pdt Lumbantobing mengajak seluruh parhalado dan jemaat HKBP Pangkalpinang tetap semangat dan memeriahkan kemerdekaan ini dengan penuh sukacita di dalam nama Tuhan Yesus. 

Usai upacara dilaksanakan, panitia telah menyiapkan perlombaan antar wijk yang telah disusun sebelumnya dan diikuti ratusan jemaat dengan kategorial yang sudah ditetapkan berupa lomba lari karung berpasangan, lomba memindahkan air dengan gelas, lomba bakiak, lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng dengan sendok, tarik tambang dan lomba panjat pinang.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022