Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membukukan nilai transaksi pada perdagangan pasar tani Bangka Setara mencapai Rp11.991.500.

"Kami mencatat nilai transaksi perdagangan pasar tani Bangka Setara yang dibuka pada hari Jumat (19/8) mencapai angka penjualan sebesar Rp11.991.500," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Cik Ona dalam keterangan, Sabtu.

Dia mengatakan, pasar tani Bangka Setara menjual aneka komoditi pertanian yang dijual oleh petani dibawah binaan balai penyuluh pertanian dari masing - masing kecamatan.

"Pasar tani Bangka Setara dibuka untuk mempermudah akses pemasaran hasil pertanian sekaligus membantu masyarakat mudah mendapatkan bahan kebutuhan pangan," jelasnya.

"Berbagai jenis komoditi hasil pertanian bisa didapati di pasar tani seperti sayur mayur, daging, telur, beras dan bahan kebutuhan pangan yang lain," kata Cik Ona.

Melalui pasar tani, menjadi edukasi pengetahuan dan kemampuan petani dalam memasarkan hasil panen sehingga mempunyai posisi tawar langsung ke konsumen. Pasar tani juga akan mengubah pola pikir petani menjadi pola pikir bisnis dengan menjaga mutu serta efisiensi.

Terdata kurang lebih 10 pedagang atau petani yang menjual hasil panen pada pasar tani Bangka Setara di Jumat pertama di buka pasar tersebut dan diharapkan pada Jumat (26/8) mendatang lebih banyak pedagang serta konsumen yang membeli.

Banyaknya jumlah konsumen yang membeli kebutuhan pangan akan berbanding dengan besaran nilai transaksi perdagangan di pasar tani.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022