Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi berkoodinasi dengan Menteri Perhubungan untuk memindahkan alur Pelabuhan Pangkalbalam guna mempercepat pembangunan Jembatan Batu Rusa II.

"Saat ini kami menunggu keputusan Menteri Perhubungan agar alur Pelabuhan Pangkalbalam dapat dipindahkan ke posisi awal," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini posisi alur keluar masuk kapal di Pelabuhan Pangkalbalam mengalami perubahan sehingga menghambat percepatan pembangunan Jembatan Batu Rusa II yang membentang di atas alur pelabuhan itu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Menhub dan beliau berjanji segera menyelesaikan masalah alur kapal tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan panjang Jembatan Baturusa II 740 meter, dengan ketinggian dari atas alur pelayaran kapal 15 meter.

"Kami menginginkan masalah alur kapal ini selesai agar pembangunan jembatan Batu Rusa II dapat selesai Maret 2016," ujarnya.  
    
Ia mengatakan saat ini pengerjaan jembatan itu baru mencapai 40 persen dan ditargetkan terealisasi 75 persen hingga akhir Desember 2015. Sisa pengerjaan jembatan itu diharapkan tuntas Maret 2016.

"Kami terus berusaha agar jembatan ini cepat difungsikan guna mendukung perekonomian masyarakat Pulau Bangka khususnya Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015