Pangkalpinang (Antara Babel) - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi Golkar Dapil Babel, Azhar Romli mengatakan, untuk menekan pengangguran di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat diatasi melalui empat sektor sumber daya alam (SDA) yakni sektor pertambangan, pertanian, perikanan dan pariwisata.

"Empat sektor potensi SDA Babel akan membuka lapangan kerja baru, seperti pada sektor pertambangan, pertanian, perikanan dan pariwisata yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah dan masyarakat," kata Azhar di Pangkalpinang, Jumat.

Menurut dia, jika pemerintah fokus mengembangkan empat sektor tersebut, akan menjadi peluang besar dalam menyerap ketenagakerjaan dan menekan angka penggangguran yang cukup tinggi.

"Pemanfaatan sumber daya alam melalui empat sektor tersebut bisa menjadi lapangan kerja baru bagi masyarakat, khususnya yang berada pada usia produktif," ucapnya.

Ia menambahkan, tidak ada alasan bagi warga Babel untuk tidak bisa mendapatkan pekerjaan jika memanfaatkan potensi alam yang ada.

"Tinggal bagaimana kemauan dari masyarakat, ditambah dorongan dari pemerintah daerah, untuk mendorong dan bekerjasama dalam memanfaatkan sektor pertambangann pertanian, perikanan dan pariwisata dikelola sebaik mungkin agar menjadi peluang untuk menghidupkan kembali perekonomian," katanya.

Ia berharap, warga dapat memanfaatkan sumber daya alam pada keempat sektor tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

"Jika sudah ada sumber pendapatan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, maka secara otomatis akan mendorong perekonomian masyarakat," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015