Berkunjung ke Bangka Barat, rasanya tak lengkap bila  tak mencicipi pempek udang yang merupakan makanan khas daerah itu. Salah satunya ialah Pempek Ak Leho. 

Pempek Ak Leho yang dikenal masyarakat lokal hingga tamu dari luar daerah ini memiliki cita rasanya yang enak dan terbuat dari bahan baku yang segar. Pempek Ak Leho yang beralamatkan di Kampung Tengah, Dusun 2, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat ini telah banyak diburu konsumen. 
Penganan yang dibuat dari bahan baku udang,  sagu, garam dan penyedap rasa itu, yang diproduksi oleh usaha kelompok TKM Belo Laut Bersama  yang diketuai oleh Nurmaya.

Nurmaya (38)  menceritakan keinginan menekuni usaha Pempek berawal dari  bahan baku yang mudah didapatkan. Selain itu, makanan yang berbahan dasar seperti ikan dan seafood lainnya digemari masyarakat. 

Melihat peluang ini, Mitra Binaan PT Timah Tbk ini terus memproduksi pempek udang. Tak heran jika usaha yang digeluti kelompok ini kian berkembang. 

"Pertama alasan menekuni usaha ini, karena bahan baku yang mudah didapatkan di sini,seperti udang dan ikan. Selain itu minat masyarakat menikmati penganan dari laut tidak kan hilang, bahkan makanan dari laut selalu dicari orang,"jelasnya.

Namun, kata Maya kendala pelaku UMKM disini adalah modal, seperti yang dulu dialami dirinya  dan rekan-rekannya.

"Beruntung kami bergabung menjadi mitra binaan PT Timah, dengan pinjaman yang diberikan PT Timah kami terus mengembangkan usaha kami, dan mampu berproduksi sesuai dengan permintaan konsumen.
Bahkan pelanggan terus bertambah bukan hanya di lokal, pelanggannya ke luar pulau Bangka , dan pernah dibawa ke Jepang untuk Oleh-oleh," jelas Maya.

Maya dan rekan-rekannya membentuk Kelompok agar lebih bisa memenuhi permintaan konsumen dan  memuaskan pelanggan. Selain itu juga melakukan pemberdayaan kelompok perempuan di daerah mereka.   

"Kalau bersama  lebih banyak dan cepat produksi, otomatis pelanggan senang. Dengan demikian  bila pelanggan puas dalam hal rasa, cepat dan sesuai keinginannya, pasti terus memesan kepada kita," katanya.

Ia menyebutkan, permintaan pempek Ak Leho paling banyak saat week pasalnya banyak untuk dijadikan oleh-oleh dan juga konsumsi pribadi. 

Menurut Nurmaya dengan menjadi mitra binaan PT Timah Tbk mereka bisa lebih mengembangkan usaha, sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

"Kami kelompok TKM Belo Laut Bersama mengucapkan terima kasih kepada PT Timah , karena program Mitra Binaan usaha Pempek Ak Leho berkembang dan menjadi salah satu sumber tambahan ekonomi keluarga," tandasnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022