PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada sebanyak 8.106 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di daerah itu.

"Kami mulai melakukan pengantaran ke rumah - rumah mulai 7 September dan kami jadwalkan pembayaran BLT sampai 16 September," kata Kepala Kantor Pos Tanjung Pandan, Syifa Fauziyah di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, jumlah penerima BLT BBM di daerah itu sebanyak 8.106 KPM yang tersebar di lima kecamatan setempat.

Ia mengatakan, adapun teknis penyaluran BLT BBM masih sama seperti penyaluran bantuan sosial sebelumnya, KPM dapat mengambil di lokasi atau tempat penyaluran yang telah ditentukan.

"BLT BBM dapat diambil di tempat atau lokasi yang telah kami berikan informasi sebelumnya baik kepada Dinas Sosial maupun penerima," ujarnya.

Syifa menambahkan, sedangkan bagi KPM yang sakit, lansia dan penyandang disabilitas sehingga tidak memungkinkan untuk datang mengambil langsung pihaknya telah menyiapkan layanan pengantaran.

"Sambil berjalannya pembayaran BLT kami juga menyiapkan layanan pengantaran bagi penerima yang tidak bisa datang langsung seperti sakit, berusia lanjut dan penyandang disabilitas," katanya.

Dikatakan dia, masing-masing KPM akan menerima uang tunai sebesar Rp500 ribu yang terdiri dari pembayaran BLT BBM untuk bulan sekaligus sebesar Rp300 ribu dan bantuan sembako Rp200 ribu.

"Ketika pengambilan KPM wajib membawa surat pemberitahuan, KTP asli atau kartu keluarga asli," ujarnya.

Dirinya berharap, BLT BBM tersebut dapat dimanfaatkan oleh para penerima dengan sebaik mungkin dan dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan.

"Kami juga pastikan bahwa jumlah BLT yang diterima oleh KPM bersih Rp500 ribu tidak ada potongan apapun dan gunakanlah bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Syifa.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022