Sebanyak 3.320 pelajar sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan gosok gigi serentak dalam peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN).

"Ini kegiatan sangat bermanfaat, memberikan edukasi kepada anak sejak dini dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Saat menghadiri kegiatan gosok gigi serentak yang terpusat di SDN 4 Pangkalanbaru, bupati mengatakan tercatat sebanyak 3.320 pelajar SD se-Bangka Tengah yang melakukan gosok gigi serentak.

"Ini juga dilakukan secara nasional, kabupaten lain di Indonesia juga melakukan gosok gigi serentak hari ini," katanya.

Kegiatan yang mengangkat tema "Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia" ini mencanangkan gerakan cermin untuk senyum sehat anak Bangka Belitung dengan membagikan cermin ke seluruh sekolah dasar.

"Diharapkan sebelum memasuki kelas, anak-anak terbiasa melihat kondisi kebersihan gigi dan mulut melalui cermin tersebut," kata bupati.

Ketua TP-PKK Bangka Tengah Eva Algafry berharap kegiatan gosok gigi serentak menjadi momentum bagi anak daerah untuk ke depan menjadi terbiasa dan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

"Dengan sikat gigi serentak, mereka diedukasi tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar," kata Eva yang juga dokter gigi itu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022