Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan peralatan tangkap kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan di Kecamatan Koba, untuk penguatan lembaga dan kesejahteraan anggota.

"Ada beberapa bantuan alat tangkap yang kami serahkan kepada sejumlah KUB nelayan, tentu saja bantuan ini kami harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Taufik di Koba, Kamis.

Sejumlah sarana atau peralatan tangkap yang disalurkan kepada KUB nelayan yaitu bantuan tiga unit mesin kapa untuk KUB Tanjung Udang, KUB Kuda Laut II, dan KUB Bahari Jaya.

Kemudian bantuan alat tangkap ramah lingkungan berupa jaring ikan dan udang untuk KUB Binjai Belanak I, KUB Karang Baru, dan Koperasi Produsen Perikanan Barokah Terentang.

"Selanjutnya kami menyerahkan sarana pendukung kegiatan penangkapan ikan berupa GPS, Fish Finder, lampu, coolbox untuk Koperasi Produsen Perikanan Barokah Terentang, KUB Beriga Jaya, KUB Nelayan Tradisi, dan KUB Sinar Baru," katanya.

Taufik juga mengatakan, bahwa tahun ini disediakan sebanyak 450 premi BPJS Ketenagakerjaan gratis untuk para nelayan yang sudah didata dan sesuai kriterianya.

"Kita siapkan premi BPJS Ketenagakerjaan gratis kepada nelayan, sumber dananya dari APBD induk dan APBD perubahan," katanya.

Dengan adanya bantuan premi asuransi bagi nelayan ini kata Taufik memberikan banyak manfaat bagi kehidupan nelayan sebagai jaminan keselamatan dan asuransi jiwa.

"Premi gratis ini sebagai bentuk perlindungan terhadap nelayan kecil dan program ini sudah bergulir sejak 2019, dengan total nelayan yang sudah mendapatkan premi BPJS Ketenagakerjaan mencapai 4.500 nelayan," katanya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022