Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan lahan seluas 2.600 hektare untuk perluasan sawah guna memenuhi produksi padi.

"Kegiatan perluasan sawah di beberapa desa akan dilaksanakan mulai tahun 2016, dimana sarana pendukung atas kegiatan itu seperti penyediaan handtraktor, gundang maupun lumbung disediakan pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka,  Kemas Arfani Rahman di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan Kabupaten Bangka yang terdiri dari 60 desa yang tersebar di delapan kecamatan masih memiliki potensi lahan cukup luas untuk perluasan persawahan.

"Potensi ini cukup bagus untuk kegiatan pertanian, dan jangan sampai orang lain seperti dari Thailand maupun dari negera lain memanfaatkannya guna kegiatannya," katanya.

Pemerintah pusat maupun daerah kata dia, mendorong sepenuhnya kegiatan perluasan persawahan guna meningkatkan produksi padi sehingga program ketahanan pangan sebagaimana yang direncanakan dapat tercapai.

"Pemerintah mendorong penuh masyarakat yang berkeinginan melakukan kegiatan pertanian diberbagai sub sektor seperti, sektor perkebunan, palawija dan sektor pertanian lainnya," ujarnya.

Keseriusan pemerintah meningkatkan program pertanian kata dia, dimana secara bertahap telah dilakukan perluasan persawahan seluas di Kabupaten Bangka yang mencapai lebih dari 200 hektar.

"Saya berharap kepada seluruh petani, agar sawah yang sudah dicetak hendaknya dapat dikelola dengan baik, koordinasikan dengan kelompok tani maupun petugas penyuluh jika menghadapi kendala saat melakukan pengelolaan sawah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015