Wali Kota Pangkalpinang menghadiri acara Pembinaan Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (Sub PPKBD) oleh Dinas PPPAKB Kota Pangkalpinang, bertempat di ruang OR kantor walikota Pangkalpinang, Senin (19/09).

Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menyampaikan Alhamdulillah hari ini kita bertemu dengan kader PPKBD dan sub PPKBD Kota Pangkalpinang sebanyak 398 orang.

"Selama ini mereka belum pernah dapat bantuan seperti ini, mudah-mudahan dengan jumlah segitu bisa menghibur mereka sebesar Rp350.000, dari dana APBD sebesar Rp300.000 sedangkan dari dana APBN sebesar Rp50.000," ungkap Molen.

"Mudah-mudahan di tahun depan kita akan kasih honor untuk mereka selama dua belas bulan sebesar Rp1,2 juta rupiah, hal ini dilakukan agar lebih meningkatkan kinerja mereka sebagai Kader PPKBD di Kota Pangkalpinang," katanya menambahkan.

Ia mengatakan, sebenarnya ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kota, di mana mereka bekerja di lapangan tanpa gaji tapi tetap kerja, sehingga untuk tahun depan selama 12 bulan akan diberikan kepada mereka.

Plt. Kepala Dinas PPPAKB Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim menyampaikan kegiatan hari ini adalah penyediaan sarana kader PPKBD yang dianggarkan dari dana APBD kota Pangkalpinang.

"Sebanyak 398 orang, jadi mereka ini adalah Pembantu Peminat Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Kota Pangkalpinang yang merupakan jejaring kerja pemerintah ditingkat kelurahan," kata Hakim.

Sehingga kata Dia, sebagai penghargaan dari Dinas PPPAKB, memberikan honor kepada Kader PPKBD sebesar Rp300.000 selama tiga bulan, di mana dinas pihaknya hanya bisa menganggarkan dana selama tiga bulan untuk tahun 2022.

"Dana ini dibagikan untuk seluruh kader PPKBD sebanyak 398 orang tersebar di seluruh kecamatan, tugas dari kader ini adalah mendata pasangan usia subur, dan memotivasi kepada masyarakat yang ingin ber KB," ujar Hakim.

Selanjutnya untuk tahun 2023, wali kota sudah komitmen selama dua belas bulan sebesar satu juta dua ratus ribu rupiah, yang penting seluruh kegiatan kita tidak bertentangan dengan peraturan. 

"Untuk masalah jambore juga sudah kita anggarkan untuk tahun depan, agar para kader PPKBD bisa refresing," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022