Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka pendaftaran sebanyak 15 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Belitung Heikal Fackar di Tanjung Pandan, Rabu, mengatakan 15 orang anggota panwascam tersebut akan bertugas membantu Bawaslu mengawasi jalannya tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Sebanyak 15 anggota panwascam nantinya akan bertugas di lima kecamatan dengan masing-masing pengawas di setiap kecamatan sebanyak tiga orang," katanya.

Menurut dia, pendaftaran panwascam tersebut dibuka mulai 21-27 September 2022 di Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung

Ia mengatakan adapun persyaratan untuk mendaftarkan diri menjadi anggota panwascam di antaranya adalah tidak menjadi anggota pantai politik atau telah mengundurkan diri dari pengurus partai politik sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar serta sejumlah persyaratan lainnya.

"Kami sudah melakukan sosialisasi terkait penerimaan atau rekrutmen anggota panwascam ini melalui spanduk dan lain-lain," ujarnya.

Heikal menambahkan setelah proses pendaftaran ditutup, maka tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan tes tertulis maupun wawancara.

"Pelaksanaan tes menggunakan sistem 'computer assisted test' (CAT) sehingga dijamin benar-benar transparan," katanya.

Heikal menegaskan rekrutmen anggota panwascam setempat akan dilakukan secara transparan dan bersih guna melahirkan pengawas pemilu yang berintegritas.

"Dengan pengawas pemilu yang berintegritas maka akan dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu sehingga hasil pemilu bisa maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022