Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, mendorong masyarakat untuk lebih gemar mengonsumsi ikan laut yang memiliki gizi cukup tinggi.

"Kami tentu mendorong terutama kalangan ibu-ibu membiasakan anak mereka mengonsumsi ikan laut karena gizinya cukup tinggi dan bagus untuk perkembangan otak," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Tengah Deddy Muchdiyat di Koba, Selasa.

Hal itu dikemukakannya dalam peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) di Kecamatan Koba dengan tema Kedaulatan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Secara Berkelanjutan untuk Kesejahteraan dan Kecerdasan Masyarakat.

"Peringatan Harkannas ini baru berumur dua tahun, tentu kami berharap bukan hanya sekadar seremonial saja tetapi dapat menjadi inspirasi bagi kalangan ibu rumah tangga untuk membiasakan anak mereka gemar makan ikan," ujarnya.

Menurut dia, dengan membiasakan diri mengonsumsi ikan merupakan bagian dari cara dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak.

"Ada beberapa cara agar anak gemar mengonsumsi ikan di antaranya mengembangkan produk olahan yang berbahan baku ikan di antaranya naget ikan dan brownis ikan," ujarnya.

Ia mengatakan, mengonsumsi ikan tidak hanya dengan cara menggoreng atau digulai saja tetapi uga bisa mengolahnya menjadi naget, brownis dan cendol ikan.

"Kalau dengan cara ini mungkin akan membuat anak-anak kita gemar makan ikan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015