Koba (Antara Babel) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bangka Belitung melakukan pemantauan terhadap persiapan pengawasan pilkada di empat kabupaten.

"Kami melakukan pemantauan dan memonitor persiapan Panwaslu di empat kabupaten dalam melakukan pengawasan pada hari pencoblosan," kata Anggota Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Bagong di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, persiapan pengawasan saat hari pencoblosan harus dilakukan dari sekarang mengingat hanya menyisakan waktu sekitar 12 hari lagi.

Empat daerah di Bangka Belitung menyelenggarakan Pilkada serentak 9 Desember 2015 yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung Timur.

"Secara umum persiapan Panwaslu daerah hingga ke tingkat desa sudah matang, hanya tinggal pematapan saja," ujarnya.

Saat ini, kata Bagong, sedang memfokuskan pemberian pemahaman kepada petugas yang melakukan pengawasan hingga ke tingkat desa.

"Semua petugas baik PPL, Panwascam dan Pengawas TPS sudah mengikuti bimbingan teknis untuk memahami tugas masing-masing," ujarnya.

Tentu pihaknya berharap Pilkada di empat kabupaten berjalan aman dalan lancar tanpa ada pelanggaran yang masuk ke ranah hukum.

Bagong juga mengajak masyarakat membantu mengawal jalannya pesta demokrasi dan menggunakan hak suaranya dengan baik.

"Pilkada berkualitas itu apabila sukses penyelenggaraan, tingginya partisipasi pemilih dan tidak ada pelanggaran," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015