Kepolisian Resor Bangka Barat, Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggelar simulasi pengendalian dan mengurai massa sebagai bentuk persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 55 desa yang akan digelar pada 26 Oktober 2022.

"Kita semua berharap pesta demokrasi di tingkat desa ini berjalan kondusif, latihan ini sebagai bentuk persiapan dan kesiapan anggota yang nantinya akan mengawal proses tersebut," kata Kepala Satuan Samapta Polres Bangka Barat Iptu Al Faizun di Mentok, Senin.

Menurut dia, latihan dan simulasi itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan persiapan personel Satuan Samapta Polres Bangka Barat yang akan menjalankan tugas mengawal pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bangka Barat.

Dari 60 desa yang ada di Kabupaten Bangka Barat, pada tahun ini akan digelar pilkades secara serentak di 55 desa.

"Latihan ini juga persiapan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya konflik sosial, namun kita bersama-sama wajib mencegah agar tidak mengarah kesana," katanya.

Sebelumnya, Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo mengingatkan kepada seluruh personel agar dapat bekerja profesional dan menjaga netralitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Kapolres mengatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang terkendali adalah modal utama dalam pembangunan, termasuk pembangunan desa.

"Untuk itu kami berharap dan mengajak masyarakat ikut berperan aktif pada seluruh proses pemilihan tersebut agar bisa berjalan aman, kondusif dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas," katanya.

Mengenai personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan pilkades serentak, Kapolres menyatakan pihaknya telah menyiapkan jumlah pasukan maksimal.

"Sekitar 200 personel sudah disiapkan, kita bersama TNI dan Satpol PP juga telah melakukan pemetaan potensi kerawanan," katanya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat menjalankan pesta demokrasi tingkat desa itu dengan penuh tanggung jawab, cerdas, dan tidak mudah terprovokasi mau pun memprovokasi.

"Jangan merusak persatuan dan persaudaraan yang sudah terjalin turun temurun ini hanya untuk kepentingan politik praktis. Jaga selalu kekompakan," kata kapolres.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022