Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran sebesar Rp12 miliar guna membangun pusat kuliner di daerahnya.

Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Babel, Rabu mengatakan pembangunan pusat kuliner tersebut bertujuan untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM di daerah itu.

"Pembangunan food court untuk mendukung pengembangan UMKM sekaligus mendorong laju perekonomian Belitung," katanya.

Ia mengatakan, pusat kuliner tersebut akan dibangun di atas lahan eks SMEP yang terletak di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan, berhadapan langsung dengan Galeri KUKM Belitung atau tidak jauh dari titik nol kilometer Belitung.

Bupati menyebutkan pusat jajanan tersebut nantinya diharapkan menjadi ikon wisata kuliner di daerah itu.

"Sekaligus menjadi magnet bagi para wisatawan yang datang ke sini (Belitung) sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan pembangunan food court juga merupakan salah satu wujud implementasi dari kinerja dan sasaran RPJMD Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023 guna mendukung pengembangan UMKM.

Dalam pembangunannya, lanjut Sahani, pemerintah daerah akan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan dokumen perencanaan yang sudah disusun serta didukung dokumen kajian terkait lainnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, termasuk upaya preventif terhadap masalah sampah yang ditimbulkan.

"Terkait penganggaran atau rencana pembiayaan pembangunan gedung food court tersebut pada dasarnya adalah penyesuaian dan memperhatikan serta mengacu pada dokumen DED yang sudah disusun," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022