Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah kunjungan wisatawan di daerah itu sampai akhir September 2022 mencapai 71.043 orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiramaddona dalam keterangan resmi yang dikutip ANTARA di Sungailiat, Jumat, mengatakan angka kumulatif tersebut termasuk kunjungan wisatawan mancanegara.

Puluhan ribu orang yang terdata merupakan wisatawan yang berkunjung di 15 objek wisata di Kabupaten Bangka selama periode Januari sampai akhir September 2022.

"Selama periode itu, jumlah kunjungan terbanyak pada bulan Maret mencapai 20.188 wisatawan dan angka kunjungan terendah pada Agustus yang hanya sebanyak 3.617 wisatawan," jelas dia.

Sedangkan jumlah tamu yang menginap di hotel maupun di penginapan dan homestay di periode sama mencapai 39.053 orang wisatawan dalam negeri dan 30 orang wisatawan mancanegara.

"Dipastikan angka wisatawan masih akan mengalami peningkatan hingga akhir tahun 2022, terutama pada pergantian tahun atau Desember mendatang akan terjadi puncak kunjungan," kata Rismy.

Pihaknya bertekad mengembangkan kepariwisataan sebagai sektor strategis berkelanjutan yang mampu memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Oleh karena itu, Rismy mengajak seluruh masyarakat, swasta dan pemangku kepentingan yang lain untuk bersama-sama membangun kepariwisataan agar mampu berdaya saing di tingkat global.

Wilayah Kabupaten Bangka berada di posisi geografi strategis, karena memiliki belasan objek wisata yang indah dan cukup menarik dikunjungi wisatawan, tidak kalah indahnya dengan objek wisata dari daerah lain di Indonesia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022