Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong generasi muda di daerah itu untuk memiliki kesadaran tentang arti pentingnya pelaksanaan Pemilu.

"Kami mendorong pemuda atau pemilih pemula agar memiliki kesadaran tentang arti pentingnya pelaksanaan Pemilu," kata Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahirin di Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu.

Menurut dia, pemilu merupakan sarana kedaulatan yang disiapkan UU untuk memilih calon pemimpin secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Generasi muda diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil pada Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak.

Partisipasi generasi muda atau pemilih pemula sangat penting, baik dalam menggunakan hak pilih mau pun dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Hal ini guna mencegah terjadinya segala bentuk potensi pelanggaran kepemiluan nantinya," kata Sahirin.

Ia menjelaskan, peran pengawasan pemilu dan partisipasi pemilih pemula tidak hanya sebatas mencegah potensi pelanggaran, tetapi juga dapat mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kita tidak tahu, dalam pelaksanaannya pemilu ini benar-benar menjadi ajang silaturahmi demokrasi atau tidak, jika seandainya tidak ada pengawasan," ujarnya.

Pihaknya berharap,  generasi muda dan pemilih pemula tidak apatis dan hanya berdiam diri pada saat tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami berharap para generasi muda atau para pemilih pemula dapat berperan aktif dalam mengawasi tahapan dan jalannya pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.

Dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bangka Belitung mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang di semua tahapan agar berjalan aman, lancar dan tertib.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022