Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memfasilitasi pembentukan desa peduli pemilu sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Berdasarkan koordinasi dengan KPU Provinsi Babel, untuk Kabupaten Bangka Barat ditetapkan satu desa peduli pemilu, yaitu Desa Simpangyul, Kecamatan Tempilang," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Yulizar di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan desa peduli pemilu merupakan salah satu program KPU RI yang ditindaklanjuti KPU Provinsi Babel dengan membentuk desa peduli pemilu di seluruh kabupaten, yaitu di Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat.

Pembentukan enam desa peduli pemilu di Babel sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI Nomor 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Desa Peduli Pemilihan Umum.

"Untuk Kabupaten Bangka Barat kita sepakat dibentuk di Desa Simpangyul yang dinilai memenuhi syarat untuk menjalankan program tersebut," kata Yulizar.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, Desa Simpangyul memiliki partisipasi pemilih yang rendah dibandingkan desa-desa lain di Bangka Barat.

Di desa tersebut terdapat tiga dusun yang letaknya saling berjauhan, dan terdapat beberapa rumah warga yang memang terlalu jauh dari tempat pemungutan suara sehingga mempengaruhi pemilih untuk datang ke TPS.

"Melalui program desa peduli pemilu ini nantinya KPU akan melibatkan sejumlah relawan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi agar warga di desa terpencil itu paham pentingnya partisipasi pada pelaksanaan pemungutan suara," katanya.

Pada proses ini, kata dia, pelaksanaan beberapa program dan kegiatan yang akan dijalankan di Desa Simpangyul, seperti pendidikan politik, meningkatkan pemahaman dan kepedulian warga terkait tahapan pemilu dan lainnya akan diawasi langsung oleh KPU Provinsi Babel.

Ia berharap para relawan dan kader di desa peduli pemilu bekerja dengan baik dalam menyebarluaskan informasi tahapan Pemilu 2024 kepada warga.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022