Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjaga ketat sejumlah titik rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Pola pengamanan saya pikir sama dengan tahun sebelumnya, kita menempatkan personel khusus mengamankan titik rawan gangguan kamtibmas," kata Kapolres Bangka Tengah, AKBP Moch Risya Mustario di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, beberapa titik vital yang menjadi fokus pengamanan adalah gereja, pasar, objek wisata dan sejumlah tempat keramaian lainnya.

Pihaknya juga sudah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan terkait persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Pada prinsipnya kita bersama pemerintah daerah dan juga unsur TNI bertekad menciptakan situasi aman dan kondusif selama Natal dan Tahun Baru," katanya.

Polres Bangka Tengah juga melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Lilin Menumbing dengan melibatkan unsur terkait seperti TNI, Satpol PP dan Dinkes Kabupaten Bangka Tengah.

"Kita juga mendirikan pos pengamanan dan pelayanan di beberapa titik selama Natal dan Tahun Baru 2023, untuk menjamin situasi tetap aman dan kondusif," katanya.

Polres Bangka Tengah mengerahkan sekitar 100 personel pengamanan dan pelayanan yang ditempatkan pada sejumlah pos pengamanan.

"Personel pengamanan juga dibantu dari unsur TNI dan Satpol PP, juga pihak Dinkes untuk pelayanan kesehatan," katanya.

Pihaknya juga sudah mengecek kesiapan personel dan kelengkapan peralatan terutama konsentrasi masyarakat pada Tahun Baru.

"Kita petakan titik rawan dan menempatkan beberapa personel untuk melakukan pemantauan dan pengamanan agar aktifitas masyarakat berjalan kondusif," ujarnya.

Risya mengimbau mengingatkan warga untuk menjaga lingkungan dan rumah masing-masing saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Warga saya minta lebih hati-hati dan waspada, jika bepergian keluar rumah pastikan rumahnya terkunci dengan rapat untuk menghindari tindak kriminal," ujarnya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022