Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan pemantauan dan pengamanan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat, guna mengantisipasi penumpukan calon penumpang kapal laut.

"Saat ini Pelabuhan Tanjung Kalian menjadi perhatian khusus menjelang Natal dan Tahun Baru 2023," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan evaluasi arus mudik Natal dan Tahun Baru Tahun 2021, arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian - Pelabuhan Tanjung Api-Api Provinsi Sumatera Selatan mengalami lonjakan penumpang yang tinggi dibandingkan pelabuhan penumpang di kabupaten/kota lainnya.

"Saat ini calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian sudah mulai meningkat dan diperkirakan akan terus meningkat hingga H-1 Natal tahun ini," ujarnya.

Menurut dia untuk mengantisipasi penumpukan calon penumpang dan antrian panjang kendaraan di Pelabuhan Tanjung Kalian ini, pemprov bersama kepolisian dan ASDP memantau secara ketat, agar arus mudik natal ini berjalan aman, lancar dan tertib.

"Pelabuhan Tanjung Kalian ini merupakan lintas antara Pulau Sumatera dengan Pulau Bangka, sehingga setiap perayaan hari besar keagamaan mengalami lonjakan penumpang yang tinggi dibandingkan pelabuhan lainnya," katanya.

Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Yan Sultra akan mengerahkan 1.930 personil dan akan membangun 30 posko pengamanan Natal dan malam tahun baru nanti.

"Ada beberapa hal yang harus diantisipasi terutama masalah kondisi cuaca hujan cukup ekstrem dan kemacetan lalu lintas di sejumlah pelabuhan penyeberangan penumpang dan barang menjelang Natal dan Tahun Baru 2023," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022