Korem 045 Garuda Jaya menanam ribuan tanaman buah-buahan di lahan kritis bekas penambangan bijih timah di empat kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2022.

"Ini merupakan wujud semangat TNI untuk menumbuhkan kepedulian terhadap kelestarian dan keasrian lingkungan di daerah ini," kata Komandan Korem 045 Garuda Jaya,  Brigadir Jenderal TNI Ujang Darwis di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan penanaman ribuan tanaman buah-buahan seperti jambu menteh, cemara, durian dan cempedak di lakukan secara serentak di empat wilayah Kodim pada empat kabupaten Provinsi Kepulauan Babel yaitu Kodim Bangka di Tahura Mangkol, Kodim 0431/ Bangka Barat di Belo Laut, Kodim 0432/ Bangka Selatan di Desa Bikang dan Kodim 0414/ Belitung di Desa Padang Kandis.

"Saat ini kami bersama  Kodim Bangka melakukan penanaman 2.000 berbagai tanaman buah-buahan di bekas penambangan bijih timah Tahura Mangkol," ujarnya.

Ia menyatakan penghijauan ini merupakan wujud semangat TNI, pemerintah daerah dan stake holder di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menumbuhkan kepedulian dan menjaga kelestarian lingkungan. 

"Kegiatan ini bentuk dukungan TNI kepada pemerintah Provinsi Babel dalam menyukseskan program Gerakan Hijau Biru Babelku," katanya.

Menurut dia dalam memperingati Hari Juang TNI AD tahun ini, Danrem 045 juga telah berbagai kegiatan sosial yang menyentuh kehidupan masyarakat seperti  donor darah,  bhakti sosial sunatan massal, pemberian santunan kepada anak yatim. 

"Saya berterima kasih kepada pihak yang telah mendukung gerakan penghijauan ini,  secara khusus kepada Bupati Bangka Tengah dan jajarannya. Semoga kita terus berkomitmen menjaga alam dan lingkungan sebagai warisan kepada generasi mendatang," kata Brigjen TNI Ujang.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022