PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir memastikan di H-1 peringatan Natal 2022, akan ada lonjakan penumpang di terminal Bandara Depati Amir Pangkalpinang serta penambahan jadwal penerbangan dari maskapai.

"Saat ini saja lonjakan penumpang sudah mulai terlihat, yang sebelumnya hanya berkisar 3.200 orang sekarang sudah 3.800," kata GM Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Mochammad Adiwiyatno, Kamis.

Ia mengatakan, lonjakan penumpang di H-3 perayaan Hari Besar Natal sudah mulai terlihat, dari yang biasanya jumlah penumpang maskapai hanya 3.200 orang, sekarang sudah 3.800 orang dan ini melonjak sekitar 20 persen.

"Lonjakan penumpang di hari biasa normal hanya 3.200 sekarang sudah di 3.800 atau melonjak 20 persen dibanding tahun lalu hanya berkisar 9 persen," ujarnya.

Selain jumlah penumpang yang meningkat, maskapai juga mengajukan penambahan penerbangan (extra flight). Namun saat ini baru maskapai Citilink yang sudah menerapkan extra flight di tanggal 19, 21, 23 dan 29 Desember 2022.

"Citilink ini biasanya hanya 1 kali penerbangan setiap harinya. Tapi karena mendekati Natal dan Tahun Baru mereka menambah extra flight di tanggal-tanggal yang mereka tentukan. Lion Air juga akan mengajukan extra flight," ujarnya.

Adanya penambahan jadwal penerbangan ini tingkat kepadatan penumpang mulai terlihat karena yang biasanya jadwal penerbangan di Bandara Depati Amir hanya 22 kali, sekarang sampai 24 kali dalam satu hari.

"Karena ada lonjakan penumpang ini saya minta para penumpang tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan dapat datang ke Bandara lebih awal dari jadwal terbang yang ditentukan," harapnya.

Bandara Depati Amir Pangkalpinang juga mendirikan posko Natal dan Tahun Baru dan menambah jumlah petugas untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengunjung di terminal Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

"Petugas dari otoritas bandar udara wilayah VI Padang, Basarnas dan Dishub Babel juga kita libatkan di Posko Natal dan tahun baru yang kita siapkan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022