Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan ibadah Misa Natal, Sabtu (24/12) malam.

"Kami menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah di setiap rangkaian pelaksanaan ibadah Natal guna mengantisipasi penularan COVID-19," kata Sekretaris Panitia Perayaan Natal Gereja Regina Pacis Tanjung Pandan, Djohan Wijaya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Ia mengatakan, protokol kesehatan di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan tidak hanya diterapkan saat perayaan Natal saja namun tetap dijalankan dalam pelaksanaan ibadah di hari-hari biasa.

Menurut dia, pihak panitia telah menyiapkan fasilitas seperti tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan masker bagi para umat yang akan mengikuti ibadah Misa Malam Natal.

"Kemudian kami menerapkan jaga jarak seperti bangku di dalam gereja yang biasa muat delapan orang kami kurangi menjadi lima sampai enam orang saja," ujarnya.

Djohan menambahkan, persiapan pelaksanaan ibadah Misa Natal di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan telah mencapai 90 persen.

Ibadah Misa Malam Natal akan dilaksanakan pada, Sabtu (24/12) pukul 19.00 WIB. 

Dirinya menyebutkan, diperkirakan sebanyak 800 umat katolik di daerah itu akan menghadiri pelaksanaan ibadah Misa Malam Natal nanti.

Pihak panitia, lanjut dia, telah menyiapkan posko kesehatan bagi para umat yang sakit atau mengalami gangguan kesehatan saat mengikuti jalannya ibadah.

"Sehingga saat ini kondisinya sudah benar-benar siap," katanya

Dikatakan dia, pengamanan ibadah Misa Malam Natal di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan nanti akan dilakukan oleh pihak TNI/Polri.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan petugas pengamanan internal dari gereja.

"Kami juga sudah menerima informasi bahwa dari GP Ansor akan melakukan pengawalan dan pelaksanaan ibadah Misa Malam Natal nanti," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022