Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta pengelola objek wisata menyiapkan tim penyelamat selama libur akhir tahun.

"Kami meminta pengelola objek wisata dan rekreasi ini untuk mempersiapkan tim penyelamat, mengingat kondisi cuaca yang cukup ekstrem selama liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru 2023," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Pengelola tempat wisata, khususnya yang berada di kawasan pantai, ia melanjutkan, juga harus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung upaya penyelamatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

"Tenaga penyelamatan disertai peralatan keselamatan ini (diperlukan) untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan ataupun ada pengunjung yang terseret arus ombak," katanya.

Dia menekankan pentingnya peningkatan pengamanan kegiatan di tempat wisata selama liburan akhir tahun, saat kunjungan wisatawan meningkat.

"Saat ini kondisi cuaca cukup ekstrem, gelombang tinggi disertai hujan lebat, sehingga ini cukup membahayakan keselamatan pengunjung pantai," katanya.

"Apabila terjadi gelombang dan air pasang laut yang tinggi diharapkan pengunjung tidak turun ke air dan silakan saja memandang pemandangan laut dari darat, karena ini sangat membahayakan keselamatan," ia menambahkan.

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022