Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merealisasikan pelayanan cetak kartu tanda penduduk elektronik dan dokumen kependudukan lain di kantor kecamatan.

"Pada tahap awal kita sudah bisa melakukan pencetakan KTP elektronik di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Parittiga dan Kelapa, sedangkan untuk empat kecamatan lain akan menyusul bertahap," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Kamis.

Menurut dia, pelayanan cetak KTP elektronik di unit pelayanan di kantor kecamatan tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Untuk Kecamatan Parittiga dan Kelapa kita sudah mencoba mencetak KTP-el. Jadi apa yang kita luncurkan ini bukan hanya cerita, tetapi fakta," katanya.

Bupati berharap dengan kekompakan dan kemajuan ini dapat membantu merealisasikan Kabupaten Bangka Barat lebih maju, sejahtera, dan bermartabat.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang berhasil merealisasikan keinginan bersama dalam pelayanan publik ini sehingga kita benar-benar tidak hanya slogan belaka, namun pelayanan kesehatan, ekonomi, dan pelayanan publik harus kita laksanakan," katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Barat M. Kaidi mengatakan tujuan pembukaan pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan untuk mempermudah masyarakat mengurus berkas kependudukan.

Selain itu, katanya, pelayanan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan Dukcapil Bangka Barat yang saat ini masih belum maksimal.

"Pelayanan administrasi kependudukan mencakup semua, yaitu pencetakan KTP, baik pencetakan KTP pertama, KTP rusak, kehilangan, pengurusan, dan pencetakan kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, dana hibah, serta pengurusan dan pencetakan kartu identitas anak," kata Kaidi.

Sementara itu, Kepala Bidang Dukcapil Provinsi Babel Amrullah menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas tercapainya kinerja Kabupaten Bangka Barat dalam kategori laporan terbaik se-Bangka Belitung.

"Setiap tahun kita menyelenggarakan evaluasi penilaian kinerja di seluruh kabupaten/kota. Kami telah menyampaikan penghargaan tersebut secara simbolis pada HUT Bangka Belitung, dan hari ini menunaikan janji untuk memberikan hadiah berupa kamera dan tujuh unit banner untuk implementasi identitas kependudukan digital," katanya.


Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022