Kampoeng Reklamasi Air Jangkang PT Timah Tbk kian memukau. Kawasan ini kerap digunakan sebagai tempat melaksanakan beberapa kegiatan. 

Seperti kali ini, PT Timah Agro Manunggal (TAM) menggelar lomba lato-lato bagi anak-anak TK dan Sekolah Dasar (SD) di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang pada Sabtu (7/1/2023).

Lato-lato merupakan salah satu permainan anak-anak yang sedang viral. Permainan yang dimainkan dengan membenturkan dua bola dengan cara diayunkan di atas dan ke bawah sehingga menimbulkan bunyi yang khas. 

Perlombaan lato-lato yang disambut antusias masyarakat, sekitar 150 peserta sudah mendaftar perlombaan ini. Perlombaan yang digelar di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang ini merupakan upaya untuk mengedukasi anak-anak tentang pemanfaatan lahan bekas tambang yang dijadikan kawasan edu eco tourism.

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang terletak di Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka ini merupakan lahan bekas tambang yang dikelola menjadi tempat wisata. 

Di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang terdapat berbagai tempat menarik seperti rumah panggung khas melayu. Selain itu, kawasan ini juga terbagi dalam beberapa spot seperti agro wisata, perkebunan, pertanian, peternakan, wisata air, tempat budidaya perikanan dan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS). 

"Lomba lato-lato ini sekaligus sarana untuk memperkenalkan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang. Selain itu, kita juga mengedukasi para peserta bahwa lahan bekas yang dikelola dengan baik bisa dimanfaatkan untuk berbagai sektor seperti pertanian, perikanan dan perkebunan seperti di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang," kata ketua Panitia lomba latto-latto, Anugrah. 

Menurut Anugrah lomba ini dikhususkan untuk anak-anak. Sehingga nantinya dengan lomba ini diharapkan para pelajar bisa mengenal dan mengunjungi Kampoeng Reklamasi Air Jangkang.

"Pesertanya cukup antusias yang terdaftar sudah 150. Kita berharap nanti anak-anak tidak hanya sekedar lomba tapi bisa berkeliling dan melihat Kampoeng Reklamasi Air Jangkang," ucapnya.

Ia menjelaskan saat ini Kampoeng Reklamasi Air Jangkang dikelola oleh PT TAM dan akan terus dikembangkan untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata terpadu. 

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang juga kerap didatangi tamu seperti para peserta Internasional Conference on Suistanable Enviroment, Agriculture and Tourism (ICOSEAT).

Selain lomba lato-lato, lomba mancing juga pernah digelar di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang diikuti ratusan para pemancing.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023