Untuk mendukung program pendidikan luar sekolah dan luar kampus bagi pelajar dan mahasiswa. PT Timah Tbk memberikan kesempatan magang di PT Timah Tbk tahun 2023. 

Melalui Timah Intership Program, PT Timah Tbk memerikan kesempatan pengembangan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk melaksanakan praktik kerja secara langsung di PT Timah Tbk. 

Ada tiga jalur yang bisa dimanfaatkan para pelajar dan mahasiswa untuk bisa mengikuti Timah Intership Program. 

Pertama, Praktik Kerja Industri yakni praktik kerja yang diperuntukkan bagi siswa-siswi dari sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Praktik Kerja Industri dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Dibagi dalam dalam dua batch, batch pertama pada Bulan Januari-Juni dan Juli-Desember. Dengan kapasitas peserta sebanyak 40 orang per batch. 

Kedua, Praktik Kerja Mandiri atau penelitian. Jalur ini dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa melalui jalur langsung dari Perguruan Tinggi ke PT Timah Tbk yang disesuaikan dengan kebutuhan pemenuhan kurikulum di perguruan tinggi. 

Praktik Kerja Mandiri ini juga dilaksanakan dalam dua batch dalam satu tahun yakni batch 1 periode Januari-Juni dan batch 2 periode Juli-Desember. Dengan kapasitas peserta masing-masing batch sebanyak 40 orang. 

Ketiga, Program Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) merupakan program magang praktik kerja yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN melalui Forumah Human Capital Indonesia (FHCI). 

Program PMMB juga dilaksanakan dua batch dalam satu tahun, batch satu periode Bulan Mei-Oktober dan Batch 2 periode November-April. Dengan jumlah peserta perbatch sebanyak 30 orang. 

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan program magang ini merupakan komitmen PT Timah Tbk untuk mendukung dunia pendidikan. Para pelajar dan mahasiswa dapat mengenal dan terlibat langsung dalam bisnis proses perusahaan sesuai dengan bidang keahliannya. 

"Program magang ini merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mendukung peningkatan kualitas SDM, para pelajar dan mahasiswa dapat terlibat langsung sesuai dengan bidang keahlian, mengetahui dunia kerja secara langsung. Sehingga nantinya bisa menjadi bekal bagi mereka untuk ke depannya," ucap Anggi. 

Sementara itu, salah satu peserta Program Magang Mandiri di PT Timah Tbk Fifi Yulita Putri dari Universitas Muhammadiyah Malang mengatakan, dirinya merasa sangat senang bisa magang di PT Timah Tbk untuk menambah wawasan dunia kerjanya. 

"Prosesnya enggak terlalu sulit, diikuti aturan administrasinya. Lalu menunggu dan nanti diinformasikan kita diterima atau tidak. Saya memilih magang di PT Timah Tbk selain pulang kampung, karena memang PT Timah Tbk ini BUMN," ucapnya. 

Fifi menceritakan, program magang memberikan banyak manfaat bagi dirinya, Ia bisa melihat dan terlibat langsung dalam berbagai pekerjaan. 

"Kalau di kuliah kan kita belajar teorinya, di magang kita bisa tau dan lihat langsung bagaimana prosesnya, standarnya, implementasinya. Jadi lebih punya gambaran juga tentang dunia kerja dan jadi bekal untuk kedepannya," ucapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023