Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo memberikan sejumlah arahan untuk meningkatkan pelayanan jajaran Bahbinkamtibmas agar bisa bersama-sama masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kerja masing-masing.

"Tingkatkan kerja sama dan silaturahim dengan warga di desa dan kelurahan wilayah kerja agar tugas semakin mudah dikerjakan dan yang lebih penting semakin memahami berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat," kata Kapolres Catur Prasetiyo di Mentok, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu.

Menurut dia, personel Bhabinkamtibmas adalah pengemban tugas polisi masyarakat di desa atau kelurahan dan mempunyai fungsi untuk melaksanakan kunjungan, sambang warga untuk mendengarkan keluhan berbagai permasalahan kamtibmas di wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, mereka juga dibutuhkan untuk memberikan penjelasan terkait permasalahan yang muncul sekaligus menyelesaikan serta memelihara hubungan silaturahim dan persaudaraan.

"Ini penting dilakukan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di tingkat paling bawah," ujarnya.

Untuk meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi tersebut, secara berkala Polres Bangka Barat memberikan pelatihan, arahan dan evaluasi kepada jajaran Bhabinkamtibmas.

"Kami ingin jajaran Bhabinkamtibmas semakin mampu memberikan penyuluhan dan membimbing masyarakat di bidang hukum dan kamtibmas," katanya.

Para Bhabinkamtibmas juga dituntut mampu meningkatkan kesadaran hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Selain itu masih ada lagi tugas personel yaitu mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan masing-masing," katanya.

Dengan berbagai program dan kegiatan yang telah disusun diharapkan personel Bhabinkamtibmas mampu memberikan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan dan menggerakkan kegiatan yang positif di tengah masyarakat.

"Program dan kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik jika dilakukan dengan pola komunikasi, koordinasi dan silaturahim yang baik antara petugas dengan warga dan para pejabat perangkat desa," katanya.

Ia berharap dengan adanya hubungan baik antara petugas dengan warga akan mampu mewujudkan kamtibmas dan para petugas bisa memecahkan berbagai permasalahan pelanggaran hukum dan permasalahan sosial yang ada.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023