Komisi Pemilihan umum (KPU) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum menerima kontak Liasion Officer (LO) para calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang menyerahkan dokumen dukungan untuk syarat menjadi peserta Pemilu 2024 nanti.

"Masih di Provinsi mungkin, "kata Ketua KPU Bangka Selatan Amri di Toboali, Selasa (17/01).

Disampaikannya mungkin selesai vermin ini sudah ada kontak dari masing-masing LO para calon anggota Dewan Perwakilan Daerah yang akan bertarung dalam Pemilu nanti.

"Sebab semua proses pendaftaran dilakukan oleh pihak Provinsi kita hanya melakukan verifikasi dukungan saja saat ini, "kata dia.

Baca juga: 4.413 warga Bangka Selatan beri dukungan untuk DPD

Salah satu wartawan Bangka Selatan Desya Raga Hidayat mengatakan terkait dengan adanya temuan Bawaslu kemarin tentang dukungan ganda dan menjadi tidak memenuhi syarat itu menjadi pertanyaan mengapa ini bisa terjadi.

"Untuk mengetahui secara jelas kejadian itu,kita berusaha mencari kontak para calon DPD yang akan bertarung dan duduk di Senayan Jakarta nanti agar masyarakat bisa melakukan pengawasan seperti himbauan dari penyelenggara Pemilu, "kata dia.

Menurut dia sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu itu untuk mengajak masyarakat mengawal dan menjaga kelancaran Pemilu itu.

"Namun kalau proses dalam mendapatkan informasi juga sulit bagaimana kita bisa mengawal dan menjaga pemilu itu bisa Jujur dan Adil, "kata dia.

Dirinya berharap kepada penyelenggara Pemilu baik Bawaslu atau KPU dapat memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat dengan media sosial atau media massa.

"Sudah saatnya kita laksanakan Pemilu Tahun 2024 nanti dengan Jujur dan Adil namun kalau kenyataannya dalam proses pendaftaran saja masih ada dukungan yang palsu seperti ditemukan Bawaslu Bangka Selatan kemarin jangan mimpi pemilu bisa Jujur dan Adil, "kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023