Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan helm kepada sejumlah siswa sekolah dasar untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas sejak dini.

"Kegiatan ini kami lakukan sekaligus memberikan penyuluhan kepada para siswa agar selalu memakai helm saat membonceng sepeda motor orang tua," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Jumat.

Menurut dia, kegiatan itu juga sebagai bentuk implementasi program polisi penolong masyarakat yang salah satunya memberikan penyuluhan dan edukasi polisi sahabat anak.

"Sampai saat ini banyak orang tua yang lalai saat bersepeda motor, orang tua pakai helm, tetapi anak-anaknya tidak. Kami berharap melalui kegiatan ini kesadaran pakai helm semakin meningkat," ujarnya.

Baca juga: Polda Babel bagikan 500 paket takjil dan helm kepada pengendara

Sosialisasi dan penyuluhan akan terus dilakukan di seluruh sekolah di daerah itu guna meningkatkan dan menanamkan kesadaran berlalu lintas sejak dini.

Para personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat akan datang ke sekolah-sekolah, seperti yang dilaksanakan personel di SD Tunas Harapan, Mentok.

Pada kegiatan itu, selain memberikan penyuluhan, polisi juga membagikan sejumlah helm kepada para siswa.

"Kegiatan polisi sahabat anak ini juga sebagai wadah mendekatkan diri kepada masyarakat, siswa dapat mengerti dan paham rambu-rambu lalu lintas serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," katanya.

Baca juga: BPJamsostek Pangkalpinang bagikan helm kepada tenaga kerja

Ia juga mengimbau kepada para orang tua yang mengantar maupun menjemput anak ke sekolah untuk selalu memakaikan helm kepada anak-anaknya demi keselamatan bersama.

Sosialisasi akan terus dilakukan dengan mengunjungi sekolah, instansi yang diiringi dengan kampanye keselamatan berlalu lintas.

Ini salah satu bentuk kepedulian polisi kepada masyarakat guna menurunkan jumlah pelanggaran dan menciptakan keselamatan berlalu lintas.

Baca juga: Kapolres Bangka ingatkan warga tingkatkan kesadaran untuk memakai helm

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023