Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Hundirman menemukan sejumlah kendaraan bermotor roda dua tidak melunasi pajak kendaraan.

Temuan itu diketahui di Sungailiat, Rabu saat melakukan pemeriksaan puluhan motor dinas yang digunakan sejumlah pegawai Setda Bangka.

Andi Hundirman menyesalkan kendaraan operasional pegawai tahun penerbitan 2004 sampai 2010 tidak dilunasi pajak sementara anggaran telah disediakan.

"Saya tidak mengetahui pasti kenapa pajak kendaraan tidak dilunasi sedangkan anggaran sudah disediakan pemerintah, hanya anggaran bahan bakar dan perawatan dibebankan pengguna," jelasnya.

Selain ditemukan sejumlah kendaraan roda dua yang tidak lunas pajak, dia juga melihat kendaraan yang dipakai pegawai tidak dirawat bahkan ada yang sudah rusak dan hilang dokumen kendaraan.

"Semestinya pegawai yang dipercaya menggunakan motor pemerintah dapat merawat seperti halnya kendaraan pribadinya sehingga tetap terjaga," jelasnya.

Dia mengatakan pihaknya akan melakukan menginventarisir kendaraan operasional pegawai untuk mengetahui masih layak dipakai tidak, sebab jika tidak layak pakai akan dilelang secara umum.

"Nanti akan didata kembali semua kendaraan yang dipakai pegawai di lingkungan Setda, jika tidak layak pakai segera di lelang dan dana  hasil lelang dapat dipergunakan kepentingan penting yang lain," jelas dia.

Sekda minta pegawai Kabupaten Bangka yang mendapat kepercayaan memakai kendaraan operasional baik motor atau mobil dapat merawatnya dengan baik serta menjaga dokumen kendaraan serta mematuhi wajib bayar pajak kendaraan.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023