Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bangka yang terbaik dalam merealisasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2022, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah itu.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada kinerja pemda dalam mengelola DAK Fisik dan dana desa terbaik pada 2022," kata Kepala Kanwil DJPb Babel Edih Mulyadi di Pangkalpinang, Selasa. 

Ia mengatakan penghargaan yang diberikan DJPb antara lain pemda dengan kinerja DAK Fisik terbaik dengan peringkat I diraih Pemkab Bangka diikuti Pemkot Pangkalpinang dan Pemkab Bangka Tengah. 

Selanjutnya pemerintah daerah dengan kinerja dana desa terbaik dengan peringkat I diraih Kabupaten Bangka Tengah diikuti Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Bangka. 

Kemudian nominasi pemda yang tercepat dalam mengajukan penyaluran DAK Fisik diraih oleh Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung Timur. Terakhir nominasi pemda yang tercepat dalam mengajukan penyaluran dana desa diraih oleh Kabupaten Belitung. 

"Memang Penghargaannya bukan dalam bentuk uang, tetapi diharapkan pengakuan atau apresiasi atas kinerja dapat mendorong mereka untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya." Tutupnya.

Menurut dia adapun tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk meningkatkan kinerja penyaluran, meningkatkan awareness terkait pengelolaan, serta meningkatkan iklim kompetisi dalam kinerja pengelolaan dana desa. 

"Ada beberapa aspek dalam pengelolaan DAK dan dana desa ini yang menjadi bahan pertimbangan. Pertama kecepatan penyaluran, kedua kelengkapan dokumen, dan yang ketiga aspek-aspek lain yang kita nilai parameternya sehingga didapatkan peringkat kinerja pemda terkait," katanya.  

Pewarta: Mega

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023