Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pasar murah di Airitam, Kota Pangkalpinang, sebagai upaya stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan 1444 Hijriah.

"Pasar murah ini merupakan kali pertama yang dilaksanakan di tahun ini. Kita bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Bangka dan satu distributor dengan menyediakan bahan pangan pokok dengan harga termurah," kata Kepala Bidang Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel Fadjri Djagahitam di Pangkalpinang, Jumat.

Pada pasar murah itu, para konsumen bisa membeli sembako murah, antara lain beras Bulog kualitas medium seharga Rp45 ribu/lima kilogram, beras kualitas premium Rp65 ribu/kemasan lima kilogram, gula pasir Rp13.500/kilogram, tepung terigu Rp12.500/kilogram, serta minyak goreng Minyakita Rp14 ribu/liter dan Rp28 ribu untuk kemasan dua liter.

Selain itu, tersedia juga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah, cabai keriting, sayuran, makanan beku dan produk lainnya.

"Pada pasar murah ini, kita juga menjual berbagai produk kuliner karena Disperindag Babel berkolaborasi dengan Dinas Pertanian yang ikut menyediakan tenda khusus pasar tani untuk masyarakat," ujarnya.

Disperindag Babel menargetkan semua bahan pokok yang disediakan dalam operasi pasar ini dapat terjual dan masyarakat merasakan hadirnya operasi pasar ini meskipun ada beberapa produk yang dibatasi pembeliannya, seperti Minyakita itu pembelian dibatasi empat liter per orang.

Pada kegiatan itu, Perum Bulog Cabang Bangka menyiapkan beras kemasan 5 kilogram sebanyak 1,5 ton, begitu juga distributor EnGedi menyiapkan stok minyak goreng kita 1,2 ton, dan seluruhnya habis terjual.

Operasi pasar ini akan terus dilaksanakan secara bertahap mendekati Idul Fitri 1444 H dan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Babel.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023