Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan program Sapa Warga sebagai salah satu upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Kegiatan Sapa Warga ini rutin kita laksanakan guna menjaga situasi kondusif sekaligus mendeteksi dini kemungkinan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sehingga masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa dan semakin produktif," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Selasa.

Menurut dia, program Sapa Warga merupakan kegiatan yang akan terus dilakukan dengan melibatkan seluruh personel hingga tingkat Polsek jajaran guna meningkatkan kerja sama antara polisi dengan masyarakat.

"Kami laksanakan program ini guna membangun upaya bersama dalam menciptakan situasi masyarakat aman, tertib, nyaman dan kondusif sehingga masyarakat bisa semakin produktif," katanya.

Baca juga: Gubernur Erzaldi sapa warga Bangka Tengah

Salah satu program Sapa Warga juga dilakukan personel Satpolair Polres Bangka Barat dengan mendatangi warga yang berada di pesisir dan patroli wilayah perairan.

Kepala Satuan Polairud Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto mengatakan pelaksanaan Sapa Warga dan kegiatan patroli perairan ini untuk mewujudkan situasi kamtibmas perairan yang aman dan kondusif.

Sapa Warga dimanfaatkan para personel untuk memberikan rasa aman dan nyaman sekaligus memberikan imbauan kamtibmas terkait keselamatan berlayar.

"Pada kesempatan seperti itu, selain untuk mengumpulkan berbagai informasi juga untuk mengimbau agar nelayan tetap menerapkan prosedur keselamatan saat melaut guna mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja di laut," katanya.

Untuk situasi kamtibmas di wilayah pesisir dan perairan Mentok dan sekitarnya, saat ini masih terpantau aman dan kondusif.

Baca juga: Polisi Bangka Barat tingkatkan pengawasan hutan konservasi Menumbing

Patroli dialogis sapa warga juga dilaksanakan Satuan Samapta Polres Bangka Barat dengan melakukan pendekatan kepada warga yang berkumpul di tempat-tempat umum, pinggir jalan protokol dan lokasi keramaian lainnya.

"Kami juga melakukan pemantauan malam hari dengan melibatkan tim patroli roda dua dan mobil Dalmas," kata Kepala Satuan Samapta Iptu Alfaizun.

Ia mengatakan kegiatan patroli baik siang maupun malam hari merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap anggota Polri guna menciptakan situasi wilayah yang kondusif, dan juga akan terus memberikan edukasi maupun imbauan ke masyarakat akan pentingnya patuh aturan hukum yang berlaku.

Personel juga mengajak warga berperan aktif menjaga situasi kamtibmas dan jika menemukan adanya hal-hal yang mencurigakan segera melapor ke pusat layanan 110 Polres Bangka Barat.

"Pelibatan masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas sangat dibutuhkan guna mendukung upaya kita bersama menjadikan wilayah Bangka Barat yang tertib, aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Polisi Bangka Barat meningkatkan pengawasan aktivitas Pelabuhan Lama

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023