Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Hasto Wardoyo meninjau pelayanan KB di Puskesmas Tanjung Pandan, Rabu pagi.

"Iya, saya kira pelayanan KB di sini (Puskesmas Tanjung Pandan) cukup bagus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Dalam peninjauan tersebut Hasto Wardoyo didampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fazar Supriadi dan Bupati Belitung Sahani Saleh.

Setibanya di Puskesmas Tanjung Pandan, Hasto langsung meninjau pelayanan KB di Poliklinik KB Puskesmas Tanjung Pandan.

Hasto menilai, pelayanan KB di Puskesmas Tanjung Pandan sudah cukup baik.

Menurutnya, Puskesmas Tanjung Pandan telah memiliki poliklinik khusus untuk layanan KB.

"Seperti pelayanan untuk KB susuk, Intra Uterine Device (IUD) atau implan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Hasto juga melakukan pemasangan KB implan secara langsung kepada salah seorang akseptor atau peserta KB.

Hasto mengajak Belitung menggalakan pemasangan KB setelah melahirkan guna mengantisipasi terjadinya kehamilan atau kelahiran yang tidak dikehendaki.

"Siapa saja yang habis melahirkan seharusnya memakai kontrasepsi untuk melindungi kelahiran atau kehamilan yang tidak dikehendaki," katanya.

Selain itu, dirinya berharap, agar fasilitas pelayanan kesehatan (faskes) di daerah itu dapat bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana setempat sehingga alat kontrasepsi bisa didistribusikan ke semua faskes.

"Baik ke faskes yang negeri ataupun swasta tentunya melalui MOU dengan dinas KB di daerah," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023