Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan ada sembilan (9) cabang olahraga (cabor) yang siap bertanding di Pekan olahraga wilayah (Porwil) XI Riau untuk memperebutkan tiket pekan olahraga nasional (PON) 2024. 

"Untuk persiapan sebenarnya kita semua sama, antara Porwil atau ada pekan olahraga beladiri atau Kejurnas Pra Pon tetap sama. Kita minta cabor-cabor, menyiapkan secara maksimal," kata Ketua KONI Provinsi Bangka Belitung, Ricky Kurniawan di Pangkalpinang, Rabu.

Ricky mengatakan, adanya Porwil ini kesempatan atlet Babel untuk lolos ke PON lebih besar jika dibandingkan dengan ikut Kejurnas Prapon karena pesaing hanya regional sumatera saja kalau Porwil. 

Dan KONI Provinsi Bangka Belitung akan memberikan dukungan penuh terhadap semua cabor yang ikut dengan memaksimalkan para atletnya. 

"Beberapa cabor kita optimis bisa maksimal seperti atletik, lalu panjat tebing juga sudah ngobrol dengan cabornya. Untuk panjat tebing mungkin tidak seperti dahulu tapi setidaknya bisa memperoleh medali. Dan untuk cabor lainnya masih dalam pendataan," ujarnya. 

Saat ini setidaknya sudah ada 9 cabor yang memastikan diri untuk ikut Porwil XI Riau diantaranya renang, atletik, bola voli, sepak takraw, sepak bola, panjat tebing, catur dan pencak silat. 

"Jika sembilan cabor itu sudah pasti, kita menunggu dua cabor lain yang akan ikut di Porwil. Nanti kita tunggu cabor apa sesuai rilis dari pihak tuan rumah Porwil Riau," katanya. 

Diketahui sebelumnya untuk Porwil 2023 semula akan diselenggarakan di Provinsi Aceh, namun Provinsi berjuluk Serambi Mekkah tersebut menyatakan mundur sebagai tuan rumah. 

Sedangkan untuk kepastian Provinsi Riau menjadi tuan rumah, usai KONI pusat, Koni Se-Sumatera dan cabor melakukan rapat pada Kamis (23/2/2023) lalu.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023