Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat peran penyuluh dalam meningkatkan pembangunan di sektor pertanian dan perikanan.

"Kita sudah menggelar pertemuan dengan semua penyuluh pertanian dan perikanan, dalam rangka mengevaluasi kinerja dan peningkatan perannya di lapangan," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Risvandika di Toboali, Jumat.

Ia menjelaskan peran penyuluh sangat penting dalam melakukan pendampingan dan membimbing para petani serta pelaku usaha perikanan, terkait pola tanam dan pengembangan usaha perikanan.

"Saat ini kita sangat fokus dalam pengembangan sektor pertanian dan perikanan, agar menjadi nilai tambah bagi warga untuk meningkatkan perekonomian," ujarnya.

Beberapa jenis tanaman pertanian itu mulai dari padi sawah, padi ladang dan perkebunan sawit rakyat serta perikanan budi daya.

"Saya tentu berharap penyuluh dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan di bidangnya sehingga mampu menjadi tempat bertanya serta memberi solusi terhadap persoalan yang dialami para petani dan pembudidaya," katanya.

Ia meminta para penyuluh mampu membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat petani dan membangun ikatan antara penyuluh dengan petani untuk menjadi bagian yang tak terpisahkan.

"Jangan sampai ada keluhan terhadap kinerja penyuluh di lapangan karena kurang informatif dan tidak melakukan pembimbingan di lapangan," ujarnya.

Pemkab Bangka Selatan terus berupaya meningkatkan pengetahuan para penyuluh, karena peran mereka sangat penting dalam memajukan sektor pertanian dan perikanan.

"Kami ingin petani lebih modern dan mampu menjadi petani yang profesional, maka diharapkan peran penyuluh untuk mewujudkannya," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023