Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat untuk memperkuat pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saat ini sedang disusun rencana detail bentuk kerja sama yang akan kita lakukan bersama Pemkab Bangka Barat, kami harap dalam waktu dekat bisa segera direalisasikan mengingat kegiatan dalam tahapan pelaksanaan pemilu sudah semakin padat," kata anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Ekariva Annas Asmara di Mentok, Senin.

Dia mengatakan kerja sama dengan pemkab penting dilakukan untuk membantu pengawasan dan pencegahan kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam seluruh proses tahapan Pemilu 2024 sehingga berjalan dengan baik, lancar, demokratis, sesuai aturan, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Ia menjelaskan rencana kerja sama yang akan dibangun bersama Pemkab Bangka Barat akan membahas secara detail terkait upaya pengawasan, misalnya dengan Dinas Sosial akan fokus pada pemilih disabilitas dan berkebutuhan khusus agar terdata dalam daftar pemilih dan mendapatkan jaminan bisa menjalankan hak memilih pada Pemilu 2024.

Selanjutnya, papar dia, kerja sama dengan Diskominfo terkait penyebaran informasi dan ajakan agar masyarakat semakin peduli dan ikut ambil bagian dalam pengawasan pemilu, termasuk dengan Badan Kesbangpol akan dilibatkan dalam pengawasan setiap tahapan.

Bawaslu, katanya, juga akan menggandeng Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk bersama-sama mengawasi netralitas para aparatur sipil negara (ASN) pada Pemilu 2024.

"Kepedulian pengawasan pemilu akan terus kita laksanakan bersama sejumlah instansi, organisasi, kelompok masyarakat, komunitas, pelajar, mahasiswa, dan lainnya agar bisa bersama-sama mengawal seluruh tahapan pemilu yang sedang berlangsung," katanya.

Menurut dia, pola kerja sama dan pemberdayaan masyarakat dalam pengawasan ini sejalan dengan arahan Bawaslu RI agar seluruh jajaran mengutamakan pencegahan pelanggaran, memperkuat partisipasi masyarakat, dan memastikan informasi yang tersebar di masyarakat merupakan informasi valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023