Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka ruang generasi muda di daerah itu mengembangkan kreativitas pengetahuan di bidang kepariwisataan dalam pemilihan "Bujang Miak" 2023.

"Kami memberikan kesempatan generasi muda mudi usia 16 sampai 24 tahun untuk mengembangkan bakat pengetahuan di bidang kepariwisataan melalui pemilihan "Bujang Miak" 2023," kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Delonix Regia, melalui keterangan, Senin.

Generasi muda muda yang dianggap memenuhi syarat, selain usia yang ditetapkan, harus mempunyai kemampuan bahasa yang baik dan ketentuan syarat lain, dapat langsung mendaftar mulai 20 Maret sampai 3 Mei 2023.

Baca juga: Dinparbud Bangka sukses gelar malam unjuk Bakat Bujang Miak 2022

Dari jumlah pendaftar yang diterima, terlebih dahulu akan masuk ke karantina selama beberapa hari untuk dilakukan proses penjaringan memilih satu pasang muda mudi sebagai juara "Bujang Miak" 2023, runner up pertama, kedua dan lima predikat lain yang berbakat, inteligensi, favorit, persahabatan dan mempunyai wawasan bidang pariwisata.

Selama satu tahun kata dia, "Bujang Miak" 2023 yang merupakan duta wisata akan membantu pemerintah Kabupaten Bangka mempromosikan objek wisata dan ekonomi kreatif ke wisatawan mancanegara.

Baca juga: Wabup Berharap "Bujang Miak" Jadi Duta Wisata

Dalam seleksi "Bujang Miak", kata dia pihaknya menerapkan konsep 3B yakni, Prilaku (Behavior), kemampuan atau wawasan (Brain) dan memiliki penampilan menarik (Beauty).

Seorang duta wisata, selain memiliki kepribadian yang baik saja, mereka harus mempunyai wawasan yang sangat luas terkait wisata dan budaya daerah, untuk membantu dan merancang program serta mengambil keputusan yang baik sebagai bentuk pengabdian  kepada bangsa dan negara, "Bujang Miak" akan menjadi pembicara yang kredibel serta dapat dipercaya oleh orang lain.

Baca juga: 94 Peserta Ikut Seleksi "Bujang Miak" 2014

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023