Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sukse menggelar malam unjuk bakat Bujang Miak 2022 pada Kamis (30/6) di pusatkan di Gedung Juang Sungailiat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona dalam keterangan, Jumat mengatakan malam unjuk bakat duta wisata  Bujang Miak 2022 sebagai persiapan para finalis melakukan pertunjukan bakat yang dimiliki masing - masing peserta.

Pada grand final Sabtu (2/7) di Tanjung Pesona Sungailiat, masing - masing peserta akan menujukan kemampuan bakatnya seperti seni budaya, mendongeng atau storytelling, keterampilan memainkan alat musik tradisional dambus serta bakat lain.

Dikatakan, peserta Bujang Miak yang terpilih dan dianggap memenuhi syarat akan mewakili Kabupaten Bangka mengikuti kegiatan event Bujang Dayang tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Peserta Bujang Miak awalnya diikuti sebanyak 62 peserta dari peserta umum, mahasiswa dan pelajar tingkat SLTA dengan usia maksimal 24 tahun dengan kreteria yang ditetapkan," katanya.

Setelah mengikuti sejumlah tahapan seleksi kata dia, dari 62 peserta berhasil memilih 10 pasang putra dan putri yang akan dipercaya mengikuti seleksi finalis.

"10 pasang peserta yang terpilih tersebut akan menjalani karantina selama tiga hari sebelum mengikuti penilaian mewakili Kabupaten Bangka pada even Bujang Dayang," ujar  Rismy Wira Maddona.

Dia berharap dengan terpilihnya duta wisata Bujang Miak 2022, mampu memberikan kontribusi di sektor pariwisata sesuai kemampuan serta mampu membantu mempromosikan atau endorse ekonomi kreatif.

Rismy mengatakan selama mengelar  malam unjuk bakat Bujang Miak, pihaknya melibatkan belasan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk menjual produk usahanya.

"Untuk membantu memaksimalkan penjualan produk UMKM dan IKM, kami mendapat dukungan dari salah satu perusahaan main dealer Honda dengan memberikan satu kupon bagi pembeli dengan kelipatan nilai belanja Rp25.000, kupon itu akan diundi untuk mendapatkan doorprize yang sudah disediakan oleh sponsor," jelas dia.

Dia menilai, peran UMKM dan IKM terlibat dalam kegiatan malam unjuk bakat  Bujang Miak mampu membantu meningkatkan perekonomian karena diketahui ada pelaku UMKM yang berhasil menjual produknya mencapai Rp4 juta dalam satu hari.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022