Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sepakat membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang - undangan.

Hal itu disampaikan Ketua IDI Cabang Bangka dr Arinal Pahlevi, Sp.D.V saat acara simposium dan rapat kerja cabang (Rakercab) tahun 2023 di Sungailiat, Minggu.

Simposium dan Rakercab masa bakti 2022-2025 mengangkat tema "Dengan semangat transformasi, mari dukung IDI Cabang Bangka sebagai organisasi profesi yang ramah, solid, akuntable, transparan, beretika dan bermartabat".

Dia mengatakan, pihaknya juga siap membantu dalam muatan kesehatan masyarakat baik kesehatan dasar, termasuk pencegahan dan pengendalian penyakit sampai dengan membantu meningkatkan sumber daya kesehatan.

"Kami mengakui, IDI cabang Bangka terus berupaya supaya dapat mendekati sasaran layanan sebagaimana yang dianjurkan pengurus besar IDI," kata dia.

Di era globalisasi moderen, kata Arinal IDI cabang Bangka dituntut mampu mengikuti teknologi informasi yang berkembang cukup pesat seperti menerapkan sistem digitalisasi pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat.

Dalam rapat kerja IDI cabang Bangka tahun 2023 kata dia, IDI ikut berperan bersama pemerintah memberikan edukasi masyarakat, berorganisasi dan ikut berperan dalam lintas sektoral.

"Dari masing - masing bidang di organisasi IDI, diberikan kesempatan mengusulkan program kerja dengan sistem dari bawah ke atas "bottom up", karena akan menciptakan suasana dinamis, aktif karena berasal dari yang bersangkutan," ujar Arinal Pahlevi.

Ia mengatakan, program kerja yang diusulkan oleh masing - masing bidang diusahakan harus detail dengan menetapkan estimasi waktu dan penanggungjawab.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023