Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyerahkan dana hibah senilai Rp130 juta untuk rumah ibadah.

"Dana hibah itu kita salurkan untuk Masjid Silaturrahim di Kelurahan Koba yang merupakan rumah ibadah bagi umat Islam, sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk syiar Islam yang dimulai dari memakmurkan masjid," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Bupati menjelaskan bantuan dana hibah tersebut bersumber dari APBD dari pos Bagian Kesra Pemkab Bangka Tengah yang disalurkan dalam momentum Ramadhan 1444 Hijriah.

"Kita memberikan dana hibah dalam kegiatan Safari Ramadhan, pemberian hibah untuk Masjid Silaturrahim berdasarkan data yang masuk sebagai penerima," kata bupati.

Bupati mengatakan pemberian dana hibah juga sebagai bentuk realisasi dari program Maghrib Mengaji, Safari Ramadhan, Safari Jumat dan Sajadah Fajar yang sudah berjalan dalam beberapa tahun ini.

"Semua program tersebut bertujuan untuk memakmurkan masjid dan syiar agama Islam serta menjadikan rumah ibadah sebagai pusat  pendidikan untuk memperkuat iman dan takwa kepada Allah SWT," ujarnya.

Bupati berharap, pembangunan rumah ibadah harus juga sejalan dengan pembangunan mental dan akhlak umat Islam, terutama para generasi muda Islam.

"Jangan sampai rumah ibadah dibangun dengan megah, namun tidak disertai dengan pembangunan mental umat Islam," ujarnya.

Bupati mencontohkan ada rumah ibadah yang kondisi bangunan fisik sangat megah, namun orang yang melaksanakan ibadah sepi.

"Kita ingin masjid megah, umat Islam beribadah juga ramai karena di situ letaknya syiar agama Islam," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023