Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tanjung Pandan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur'an selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tadarus Al-Qur'an dimulai selesai shalat tarawih sampai pukul 22.00 WIB di Masjid At-Taubah yang berada di dalam lingkungan lapas," kata Kepala Lapas Kelas II B Tanjung Pandan, Mahendra Sulaksana di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah WBP Lapas Kelas II B Tanjung Pandan mengikuti kegiatan kerohanian yang memang telah dipersiapkan sebelumnya.

"Sehingga bulan suci Ramadhan yang dijalani WBP tidak banyak berbeda dengan di luar lapas hampir sama kegiatan ibadah tetap berjalan," ujarnya.

Ia menjelaskan, selama bulan Ramadhan, kegiatan WBP muslim sudah diatur mulai dari waktu sahur hingga waktu berbuka puasa.

"Para WBP melaksanakan shalat tarawih di masjid At-Taubah yang berada di dalam lingkungan lapas dilanjutkan ceramah agama dan ditutup dengan tadarus Al-Qur'an," ujarnya.

Mahendra menjelaskan, untuk jatah makan sahur WBP sudah diolah sejak pukul 01.00 WIB  dan dibagikan kepada WBP mulai pukul 03.00 WIB.

"Pada pukul 03.00 WIB jatah makan sahur sudah dibagikan ke blok dan kamar hunian," katanya.

Sedangkan jatah makan berbuka puasa mulai dibagikan kepada WBP sejak pukul 16.00 WIB.

"Di dalam jatah makanan berbuka puasa tersebut ada makanan ekstra bagi para WBP," ujarnya.

Dikatakan dia, pada pukul 17.00 WIB dilakukan penguncian blok atau kamar tahanan dan pada WBP melaksanakan buka puasa di kamar masing-masing.

Ia menambahkan, adapun jam kunjungan selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijiriah dialihkan mulai pukul 14.00 WIB - 16.00 WIB atau mendekati waktu berbuka puasa.

"Kunjungan sangat ramai sekali ada yang membawa makanan, nasi kotak, namun walaupun dalam suasana Ramadhan pemeriksaan terhadap pengunjung tetap dilakukan sesuai standar dan prosedur," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023