Kepala Desa Jeriji Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Iswandi menerima langsung bantuan dari PT Timah Tbk untuk warga yang menjadi korban bencana alam puting beliung pada Kamis(30/03).

"Alhamdulillah, bantuan demi bantuan terus mengalir dari berbagai pihak, baik Pemerintah Kabupaten maupun dari Perusahaan seperti PT Timah Tbk. Dan untuk peralatan material juga sudah dilakukan pendistribusian pada hari ini," kata Iswandi usai menerima bantuan di Desa Jeriji, Kamis (30/03).

Iswandi mengatakan sebanyak 60 paket sembako diberikan kepada warga, perusahaan plat merah ini cukup cepat merespon peristiwa yang menimpa warga kami.

“Kami rasa PT Timah sangat cepat responnya, karena hanya dengan mendapatkan informasi dari media sosial saja, pihak PT Timah sudah sangat peduli untuk menyalurkan bantuan kepada warga kami. Pokoknya dari pihak PT Timah sudah sangat super aktif dan peduli kepada masyarakat kami, ”kata Iswandi.

Menurut Iswandi akibat bencana puting beliung yang terjadi pada Selasa sekitar pukul 16.00 WIB merusak sebanyak 60 rumah warga, dengan mayoritas kerusakan pada atap rumah.

“Sementara itu ada enam unit rumah yang tergolong rusak parah, dengan bagian atap rumah yang benar-benar sudah bolong semua. Bahkan salah satunya itu ada yang tertimpa pohon," katanya. 

Ia menjelaskan peristiwa ini merupakan kali pertama musibah yang menimpa warga desa mereka. Sehingga mereka sangat terkejut, semoga dalam waktu dekat proses perbaikan rumah warga dapat ditangani.

“Untuk sementara beberapa warga yang mengalami kerusakan itu menginap di rumah kerabat terdekat. Kami juga sangat bersyukur, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa tentunya. Dengan kondisi cuaca yang masih tergolong ekstrem ini, semoga penanganan dilapangan dapat segera selesai, ” harapnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka Selatan Sumidar mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Timah Tbk dan terus berkoordinasi dengan stakeholder yang ada di daerah ini.

“Pada hari ini kita telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Bangka Selatan. Berbagai bantuan yang telah disalurkan untuk warga yang tertimpa musibah. Kami mengucapkan terima kasih atas seluruh partisipasinya yang telah memberikan bantuan untuk menangani musibah ini, ”kata Sumindar.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023